Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMPN 1 Wedarijaksa Th.2023

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS merupakan kegiatan yang umum dilakukan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa MPLS ini lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA.

Tepatnya selama 3 hari mulai dari hari Senin, Selasa dan Kamis SMPN 1 Wedarijaksa mengadakan kegiatan MPLS yang dimana pada hari Senin tanggal 17 Juli 2023 pukul 07.00 dimulai dengan upacara untuk penyematan siswa/siswi baru di lapangan alun-alun SPENZARIE. 
Sinar pagi hari yang begitu cerah sangat mendukung kegiatan upacara tersebut dan syukur alhamdulillah upacara pun berjalan dengan lancar.
Seragam berwarna merah putih sangat mewarnai upacara tersebut,ditambah mereka para peserta mpls berjumlah 288 anak yang terbagi atas 9 kelompok untuk memudahkan berjalannya acara.
Selanjutnya seluruh siswa/siswi peserta MPLS berganti untuk berkumpul ke aula untuk memulai penyampaian materi dari para bapak/ibu guru sebagai narasumber yang didampingi oleh masing-masing anak OSIS sekaligus selaku panitia.

Penyampain materi terlebih dahulu dimulai oleh Bpk Subadi, S.Pd dengan materi "Wawasan Wiyata Mandala" yang didampingi oleh Ananda Qonita Shohibatul Izzah selaku Ketua OSIS SMPN 1 Wedarijaksa. Bpk Subadi, S.pd selaku guru olahraga SMPN 1 Wedarijaksa memanfaatkan momen untuk mendapatkan siswa/siswi yang berprestasi dalam bidang olahraga maupun bidang lainnya. Dan terbukti bahwa SMPN 1 Wedarijaksa mendapatkan banyak bibit unggul dari anak-anak tersebut. 
Para guru-guru narasumber terus menerus menyampaikan materi secara bergantian namun tak lupa juga terdapat waktu istirahat selama 30 menit bagi siswa, dan materi pun berhenti pada pukul 13.00 yang dimana hingga pukul 13.30 dipergunakan untuk shalat dzuhur berjamaah di musholla.
Semua kegiatan tersebut sama dilakukannya hingga hari selasa tanggal 18 Juli 2023. Dan dihari terakhir MPLS tepatnya hari kamis 20 Juli 2023 para peserta calon MPLS melaksanakan tes akademik guna membentuk kelas yang terdiri dari 2 kelas unggulan dan 5 kelas reguler.
Semua anak mengerjakan melalui platform HP yang diawasi oleh kakak-kakak panitia untuk mengantisipasi perilaku saling mencontek. Seluruh siswa mengerjakan sejumlah 100 soal dari 7 mata pelajaran selama 2 jam.
Selanjutnya ketika para siswa telah selesai mengerjakan, mereka secara bersama-sama menuju indoor SPENZARIE untuk melaksanan lomba outbound antar kelompok yang terdiri atas 4 outbound yaitu rebut kursi, rangkai kata, pindah air dan yel-yel kelompok. 
Keseruan demi keseruan sangat mewarnai berjalannya outbound tersebut hingga sampailah ke tahap pengumuman juara dari masing-masing outbound.

Selamat kepada para adek-adek yang berhasil memenangkan outbound, dan kekompakan kalian tentunya sangat membuahkan hasil.
Selanjutnya sebagai penutupan, diadakannya apel di indoor yang juga dipersembahkan drama oleh kakak kelas 9 secara ekslusif. Di penghujung acara tibalah saat pengumuman kelas, pengumuman ini disambut senang dan duka oleh para adik-adik sebab mereka telah berhasil menyelesaikan tahap MPLS sekaligus harus berpisah dengan teman sekelompoknya yang telah bersama-sama ,namun perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya sebab mereka masih tetap bisa bertemu setiap harinya walaupun berbeda kelas.
Selamat kepada para adik-adik yang telah diterima di SMPN 1 Wedarijaksa, harapannya kalian semua dapat menjadi siswa siswa yang sesuai dengan VISI SPENZARIE yaitu " Unggul Dalam Prestasi, Santun Dalam Perilaku, Berkarakter Pancasila dan Peduli Lingkungan "

Comments

Popular posts from this blog

PENGUMUMAN PPDB SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PENGUMUMAN HASIL PPDB ONLINE SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PEMBEKALAN MPLS 2024 SMPN 1 WEDARIJAKSA