Workshop Pemanfaatan PMM Kurikulum Merdeka

Hallo sobat spenzarie! Kembali lagi dengan berita spenzarie hari ini. Senin, 19 Juni 2023 SMPN 1 Wedarijaksa mengadakan Workshop mengenai Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2023/2024. 

Acara berlangsung dipandu oleh Bu Sri Winarsih S.Pd. Acara dimulai pada pukul 08.00-14.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Ali Mustofa S.Pd.,M.pd, selaku kepala sekolah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Winarto S.Pd.,M.Hum, Bapak Sadiyo M.Pd, serta seluruh bapak/ibu guru SMPN 1 Wedarijaksa. 
Sebagai pembuka acara, hadirin membaca surah Al-Fatihah, lalu dilanjutkan dengan 
menyanyikan lagu Indonesia Raya yg dipandu oleh Bu Alin Suniani Wahdatin, S. Pd. 
Setelah itu sambutan oleh bapak kepala sekolah yaitu bapak Ali Mustofa S.Pd.,M.pd kemudian dilanjut sambutan sekaligus membuka acara dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati yakni Bapak Winarto S.pd,.M.Hum.
Pembukaan acara ditutup dengan doa yang di bimbing oleh Bapak Bashori M.Pd.
Kita sampai pada inti acara yakni pemaparan materi. Materi yg pertama disampaikan oleh bapak Sadiyo M.Pd mengenai Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka dalam fitur/menu yang ada di dalam platform merdeka mengajar seperti Video Inspirasi, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya Saya, Asesmen Murid, dan Perangkat Ajar.
Selanjutnya materi yang kedua disampaikan oleh bapak Ari Wibowo S.S mengenai Merancang Pembelajaran Disferensiasi pada Kurikulum Merdeka dengan Artificial Intellegence (AI). Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan murid di kelas. Karena pembelajaran diferensiasi adalah suatu rangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang tujuan utamanya adalah memenuhi kebutuhan murid.
Pemaparan materi yang terakhir disampaikan oleh Bu Tutuk Sediane S.Pd mengenai Pembelajaran Sosial Emosional. Pembelajaran sosial dan emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif seluruh komunitas sekolah. 
Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. 
Nah, itu tadi sedikit cerita tentang workshop hari ini. Tunggu cerita spenzarie selanjutnya ya! Sampai jumpa:)



Comments

Popular posts from this blog

PENGUMUMAN PPDB SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PENGUMUMAN HASIL PPDB ONLINE SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PEMBEKALAN MPLS 2024 SMPN 1 WEDARIJAKSA