Pawai Kirab Budaya SPENZARIE

Dalam kurikulum merdeka yang diterapkan untuk murid kelas 7 mengenai P5 ini SMP NEGERI 1 Wedarijaksa melatih kreativitas muridnya dalam ajang pawai kirab budaya, dimana setiap masing-masing kelas dari kelas 7A hingga 7i wajib mengenakan pakaian adat tradisional dari beberapa daerah yang tersebar di Indonesia serta banyak anak putri yang menggunakan riasan cantik di wajahnya.


Namun, rupanya siswa siswi dari kelas 8 juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mengusung berbagai tema serta mengenakan pakaian tradisional seperti kebaya, bahkan terdapat beberapa kelas yang memadukan kaos kelas yang dikombinasikan dengan jarik.

Kegiatan pawai budaya ini terlaksana pada hari Rabu 31 Mei 2023 mulai pukul 07.00-09.00 WIB yang dimulai dari lapangan alun-alun SPENZARIE lalu keluar menuju gerbang SMPN 1 Wedarijaksa.

Gema suara drumblek angklung oleh anak dari organisasi PKS juga menambah keramaian acara dengan alat musik yang dimainkan sepanjang rute SMPN 1 Wedarijaksa lalu menuju balai desa Panggungroyom, SDN Panggungroyom 1, SDN Panggungroyom 2 lalu kembali ke SMP dan berhasil menarik perhatian para penonton.

Atraksi dari tim PKS dengan mengenakan pakaian serba merah putih di balai desa juga disaksikan banyak orang baik anak-anak SD maupun orang-orang warga sekitar area. Mereka sangat kagum dengan ketangkasan dan kekompakan gerakan PPB yang dilakukan ditambah dengan suara danton yang begitu tegas membuat penampilan begitu mengesankan.

Begitu penampilan tim PKS selesai perjalanan pun berlanjut sepanjang rute, partisipasi para warga sekitar pun sangat banyak disepanjang jalan.

Kekreatifan siswa tak hanya tentang mengenai pakaian adat, banyak dari mereka yang mengcosplay penampilan baik menjadi Dewi Shinta, tukang jamu, membuat ondel-ondel, kebo marcoet dan lain-lain. Berbagai jenis makhluk halus mulai dari pocong, tuyul , bahkan kuntilanak pun juga diperankan oleh beberapa anak kelas 8C.

Usaha para siswa siswi kelas 7 dan 8 tidak dapat dipungkiri dalam memeriahkan acara ini deret panjang barisan dari awal hingga ujung pawai memiliki konsep dan aura yang begitu menarik. Namun, pastinya setiap kelancaran juga pasti ada hambatan dalam persiapan acara bagi setiap kelas. Meskipun begitu dengan saling bekerjasama dan terus berkontribusi dalam memeriahkan acara akhirnya pun membuahkan hasil yang tak dapat tertandingi.

Semoga dengan adanya kegiatan pawai budaya ini dapat menambah citra kebaikan SMPN 1 Wedarijaksa di mata orang lain serta dapat menginspirasi para adek-adek dari jenjang SD untuk bisa masuk dan turut menjadi bagian warga SPENZARIE.
Selain itu rasa cinta negara dan keragaman bangsa Indonesia dapat tertanam di jiwa para murid murid sebagai generasi penerus bangsa yang berlandaskan nilai moral Pancasila.

Comments

Popular posts from this blog

PENGUMUMAN PPDB SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PENGUMUMAN HASIL PPDB ONLINE SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PEMBEKALAN MPLS 2024 SMPN 1 WEDARIJAKSA