Halal Bihalal Keluarga Besar SMP Negeri 1 Wedarijaksa

Halal bihalal adalah tradisi yang biasa dilakukan masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri, tak terkecuali pada hari Rabu, 26 April 2023 warga SMP Negeri 1 Wedarijaksa juga tak ketinggalan mengadakan kegiatan ini secara bersama-sama.

Halal bihalal ini terlaksana di indoor dimulai pada jam 07.00 WIB yang diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas 7 hingga 9 serta seluruh guru dan karyawan yang ada di SMPN Negeri 1 Wedarijaksa. Para siswa siswi yang beragama Islam mengenakan baju muslim bebas, putra bersongkok dan putri berjilbab. Tak hanya itu, para guru dan karyawan juga kompak mengenakan pakaian berwarna putih serta atasan pink atau merah muda bagi guru perempuan.

Pada pembukaan acara ini diramaikan oleh penampilan padus dari 1 Komando SPENZARIE dan dilanjut dengan beberapa urutan dalam upacara halal bihalal.

Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang menggema di indoor juga tak terlewatkan dalam upacara halal bihalal, dimana ayat-ayat suci ini dibacakan oleh Ananda Qonita Shohibatul Izzah.

Dalam upacara-upacara halal bihalal terdapat salah satu momen sebagai simbol yaitu pembacaan makna halal bihalal dan idul Fitri serta pembacaan ikrar halal bihalal oleh petugas upacara yang dilanjutkan dengan penyerahan kupat dan lepet kepada pembina upacara. 

Diakhir acara para siswa siswi dan guru serta karyawan yang ada saling berjabat tangan atau salaman seraya bermaaf-maafan secara berurutan dibulan ramadhan ini dengan iringan lagu sholawat oleh vokalis nasyid SPENZARIE.

Himah yang bisa dipetik dari acara halal bihalal ini yaitu halal bihalal merupakan sebuah media untuk mengembalikan kekusutan hubungan persaudaraan dengan saling memaafkan pada saat dan atau setelah hari raya Idul Fitri. Sebagaimana kita merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang tidak pernah luput dari segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak sengaja.

Comments

Popular posts from this blog

PENGUMUMAN PPDB SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PENGUMUMAN HASIL PPDB ONLINE SMPN 1 WEDARIJAKSA 2024

PEMBEKALAN MPLS 2024 SMPN 1 WEDARIJAKSA